Seribu Lebih Radio Liar Memancar

TEMPO Interaktif, Surabaya: Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur melansir lebih dari seribu radio liar memancar di wilayah ini. Radio-radio tersebut seakan menyambut pelaksanaan pemilihan kepada daerah sepanjang 2005.

Komisi mencurigai, radio liar ini akan dimanfaatkan oleh calon kepala daerah untuk melakukan kampanye. Anggota KPI Jawa Timur Lutfi Subagio kepada Tempo mengatakan, sebelumnya telah mengudara ratusan radio liar. Namun, pertumbuhan radio liar menjelang pemilihan kepala daerah makin marak.

Radio liar, menurut Lutfi, berpotensi merusak independensi media massa dalam pemilihan kepala daerah langsung. “Media yang seharusnya independen tidak memihak calon kepala daerah yang bertarung, justru menjadi corong mereka. Ini yang patut disayangkan,” katanya, Sabtu (4/6).

Lutfi mengungkapkan, radio ini mengudara hanya berbekal secarik kertas rekomendasi dari pejabat lokal yang tidak memiliki kewenangan menerbitkan izin penggunaan frekuensi. Komisi segara menyusun setrategi untuk mengatur dan menertibkan radio-radio liar itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s