Pointing antena dengan bantuan Google Map

Pada awal-awal kenal wireless hal yang paling mengasikkan adalah waktu kita pointing antena, apalagi posisi client jauh dari BTS. Kalau kita tidak punya peralatan yang memadahi semacam GPS (Global Positoning System) yang kita andalkan adalah perasaan yang dipadunkan dengan tanda-tanda alam.

Akan tetapi perasaan suka menipu, kadang-kadang menurut perasaan kita sudah pas arahnya ternyata signal gak dapet-dapet, makanya pusing tujuh keliling tambah keling pada keringetan semua, akhirnya ya di “gagapi” diputer dari sedikit sambil di scaning. capek dehhh…

Tapi dengan bantuan Google Map semua itu dapat dilakukan dengan mudah dan murah. Mudah karena kita tinggal cari dan tandai titik BTS dan titik client di Google Map, hubungkan keduanya dengan garis, lalu dicetak, jadi deh.. peta topologi sederhana. disamping kita bisa membuat peta topologi sederhana, kita juga bisa dengan mudah mengetahui jarak antar titik tersebut.

Setelah di print, cara membaca peta tersebut yaitu dengan memadukannya dengan kompas, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Pastikan posisiki kita di bawah bts

2. Bagian atas peta topografi pasti menunjukkan arah utara. Buat garis utara – selatan dan timur – barat di peta topografi memotong titik bts yang telah di tandai.

3. Letakkan peta topografi di tempat yang rata / tidak miring.

4. Letakkan kompas diatas peta, cari arah utara sebenarnya menggunakan kompas, kemudian sesuaikan arah utara peta dengan arah utara sebenarnya yang sudah didapat dari kompas.

5. Perpotongan antara titik bts – client dengan garis utara – selatan / timur – barat sudah bisa menunjukkan berapa derajat letak client dari BTS dan sebaliknya letak BTS dari client.

liat contoh google map untuk penyebaran client es-a link :

untuk melihat lebih detail silahkan klik (+) di sebelah kiri atas peta.

2 pemikiran pada “Pointing antena dengan bantuan Google Map

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s